TUTORIAL
TEKNOLOGI INFORMATIKA
MICROSOFT
VISUAL BASIC 2010
“Membuat
Program Permainan Mari Mengenal Bentuk dan Warna”
1. Judul Program
Permainan Mari Mengenal
Bentuk dan Warna
2. Tujuan dan Manfaat Program
Tujuan program ini dibuat
yaitu untuk memperkenalkan berbagai macam bentuk dan warna dengan cara yang
menarik dan interaktif.
Manfaat dari program
aplikasi ini adalah membantu anak-anak untuk mengenal bentuk dan warna.
3.
Deskripsi
Program
Program ini diawali dengan
pembukaan untuk menarik minat orang untuk memainkannya. Pada form4 berisi
pilihan bentuk dan pada form5 dan form 17 berisi pilihan warna. Setelah memilih
bentuk dan warna, akan muncul form berisi bentuk dan warna yang diinginkan.
Berikut penjelasan singkat dari masing-masing form.
·
Form 1
Form yang berisi
pertanyaan apakah pemain sedang bosan dan berisikan pilihan ya atau tidak.
·
Form 2
Form 2 berisikan
memberikan penawaran kepada pemain untuk memulai bermain mengenal bentuk dan
warna.
·
Form 3
Form 3 berisikan
seruan untuk mengawali permainan. Dengan adanya button yang mengarahkan pemain
untuk memulai bermain.
·
Form 4
Form 4 berisikan
pilihan bentuk yang akan dipilih pemain dengan penggunaan RadioButton antara
bentuk lingkaran atau persegi. Kemudian adanya Button yang mengarahkan pemain
ke langkah selanjutnya.
·
Form 5
Form 5 berisikan
beberapa macam pilihan warna apabila pemain memilih bentuk lingkaran di form
sebelumnya. Terdapat lima RadioButton yang berisikan pilihan warna merah,
kuning, hijau, biru dan ungu. Kemudian terdapat dua Button yang akan
mengarahkan pemain kembali ke form sebelumnya atau melanjutkan permainan ke
hasil dari pilihan.
·
Form 6
Form 6 berisikan
hasil dari pilihan pemain apabila pemain memilih bentuk lingkaran dengan pilihan
warna merah. Dalam form 6 juga terdapat dua Button yang menunjukkan arah
permain selanjutnya balik kembali ke form 4 atau menyelesaikan permainan.
·
Form 7
Form 7 berisikan
hasil dari pilihan pemain apabila pemain memilih bentuk lingkaran dengan pilihan
warna kuning. Dalam form 7 juga terdapat dua Button yang menunjukkan arah
permain selanjutnya balik kembali ke form 4 atau menyelesaikan permainan.
·
Form 8
Form 8 berisikan
hasil dari pilihan pemain apabila pemain memilih bentuk lingkaran dengan
pilihan warna hijau. Dalam form 8 juga terdapat dua Button yang menunjukkan
arah permain selanjutnya balik kembali ke form 4 atau menyelesaikan permainan.
·
Form 9
Form 9 berisikan
hasil dari pilihan pemain apabila pemain memilih bentuk lingkaran dengan
pilihan warna ungu. Dalam form 9 juga terdapat dua Button yang menunjukkan arah
permain selanjutnya balik kembali ke form 4 atau menyelesaikan permainan.
·
Form 10
Form 10
berisikan hasil dari pilihan pemain apabila pemain memilih bentuk lingkaran
dengan pilihan warna biru. Dalam form 10 juga terdapat dua Button yang
menunjukkan arah permain selanjutnya balik kembali ke form 4 atau menyelesaikan
permainan.
·
Form 11
Form 11
berisikan hasil dari pilihan pemain apabila pemain memilih bentuk persegi
dengan pilihan warna merah. Dalam form 11 juga terdapat dua Button yang
menunjukkan arah permain selanjutnya balik kembali ke form 4 atau menyelesaikan
permainan.
·
Form 12
Form 12
berisikan hasil dari pilihan pemain apabila pemain memilih bentuk persegi
dengan pilihan warna kuning. Dalam form 12 terdapat dua Button yang menunjukkan
arah permain selanjutnya balik kembali ke form 4 atau menyelesaikan permainan.
·
Form 13
Form 13
berisikan hasil dari pilihan pemain apabila pemain memilih bentuk persegi
dengan pilihan warna hijau. Dalam form 13 juga terdapat dua Button yang
menunjukkan arah permain selanjutnya balik kembali ke form 4 atau menyelesaikan
permainan.
·
Form 14
Form 14
berisikan hasil dari pilihan pemain apabila pemain memilih bentuk persegi
dengan pilihan warna biru. Dalam form 14 juga terdapat dua Button yang
menunjukkan arah permain selanjutnya balik kembali ke form 4 atau menyelesaikan
permainan.
·
Form 15
Form 15
berisikan hasil dari pilihan pemain apabila pemain memilih bentuk persegi
dengan pilihan warna ungu. Dalam form 15 juga terdapat dua Button yang
menunjukkan arah permain selanjutnya balik kembali ke form 4 atau menyelesaikan
permainan.
·
Form 16
Form 16
berisikan message box dimana memberikan pernyataan terima kasih kepada pemain
karena telah mengikuti permainan mengenal bentuk dan warna.
·
Form 17
Form 17 berisikan
beberapa macam pilihan warna apabila pemain memilih bentuk persegi di form 4.
Terdapat lima RadioButton yang berisikan pilihan warna merah, kuning, hijau,
biru dan ungu. Kemudian terdapat dua Button yang akan mengarahkan pemain
kembali ke form sebelumnya atau melanjutkan permainan ke hasil dari pilihan.
4.
Sasaran Program
Sasaran program ini adalah
anak-anak berusia 3-5 tahun.
5.
Konsep yang digunakan
Konsep yang digunakan pada program ini
yaitu :
1. Membuka
program Visual Basic 2010
2. Klik
New Project, maka akan muncul tampilan sebagai berikut :
3. Pada
Windows Form Application, klik OK kemudian akan muncul tampilan sebagai
berikut:
4. Gunakan
fungsi-fungsi pada toolbox seperti Button, Label, LinkLabel, dan RadioButton.
5. Berikut
cara menambah form: Project > Add windows form > windows form > Add
6. Buat
hingga 17 form. Berikut komponen toolbox yang digunakan :
KOMPONEN
|
PROPERTIES
|
KETERANGAN
|
Form 1
|
Name
Text
|
Form
1
|
Label 1
|
Name
Text
|
Label 1
Lagi bosen???
|
Button 1
|
Name
Text
|
Button
1
Iyaaa
|
Button 2
|
Name
Text
|
Button 2
Engga tuh
|
Form 2
|
Name
Text
|
Form
2
|
Label 1
|
Name
Text
|
Label 1
Bingung mau
ngapain???
|
Label 2
|
Name
Text
|
Label
2
Klik
|
LinkLabel 1
|
Name
Text
|
LinkLabel 1
Here
|
Form 3
|
Name
Text
|
Form
3
|
Label 1
|
Name
Text
|
Label 1
MARI BERMAIN!!!
|
Button 1
|
Name
Text
|
Button
1
Next
|
Form 4
|
Name
Text
|
Form 4
|
Label 1
|
Name
Text
|
Label
1
Pilihlah
bentuk yang kamu sukai!!
|
RadioButton 1
|
Name
Text
|
RadioButton 1
Lingkaran
|
RadioButton 2
|
Name
Text
|
RadioButton
2
Persegi
|
Oval Shape 1
|
Name
Text
|
Oval Shape 1
|
Rectangle Shape 1
|
Name
Text
|
Rectangle
Shape 1
|
Button 1
|
Name
Text
|
Button 1
Next
|
Form 5
|
Name
Text
|
Form
5
|
Label 1
|
Name
Text
|
Label 1
Pilihlah warna yang
kamu suka!!!
|
RadioButton 1
|
Name
Text
|
RadioButton
1
Merah
|
RadioButton 2
|
Name
Text
|
RadioButton 2
Kuning
|
RadioButton 3
|
Name
Text
|
RadioButton
3
Hijau
|
RadioButton 4
|
Name
Text
|
RadioButton 4
Biru
|
RadioButton 5
|
Name
Text
|
RadioButton
5
Ungu
|
Button 1
|
Name
Text
|
Button 1
OK
|
Button 2
|
Name
Text
|
Button
2
Back
|
Form 6
|
Name
Text
|
Form 6
|
Label 1
|
Name
Text
|
Label
1
Lingkaran
berwarna merah
|
Oval Shape 1
|
Name
Text
|
Oval Shape 1
|
Button 1
|
Name
Text
|
Button
1
Coba
lagi
|
Button 2
|
Name
Text
|
Button 2
Selesai
|
Form 7
|
Name
Text
|
Form
7
|
Label 1
|
Name
Text
|
Label 1
Lingkaran berwarna
kuning
|
Oval Shape 1
|
Name
Text
|
Oval
Shape 1
|
Button 1
|
Name
Text
|
Button 1
Coba lagi
|
Button 2
|
Name
Text
|
Button
2
Selesai
|
Form 8
|
Name
Text
|
Form 8
|
Label 1
|
Name
Text
|
Label
1
Lingkaran
berwarna hijau
|
Oval Shape 1
|
Name
Text
|
Oval Shape 1
|
Button 1
|
Name
Text
|
Button
1
Coba
lagi
|
Button 2
|
Name
Text
|
Button 2
Selesai
|
Form 9
|
Name
Text
|
Form
9
|
Label 1
|
Name
Text
|
Label 1
Lingkaran berwarna
ungu
|
Oval Shape 1
|
Name
Text
|
Oval
Shape 1
|
Button 1
|
Name
Text
|
Button 1
Coba lagi
|
Button 2
|
Name
Text
|
Button
2
Selesai
|
Form 10
|
Name
Text
|
Form 10
|
Label 1
|
Name
Text
|
Label
1
Lingkaran
berwarna biru
|
Oval Shape 1
|
Name
Text
|
Oval Shape 1
|
Button 1
|
Name
Text
|
Button
1
Coba
lagi
|
Button 2
|
Name
Text
|
Button 2
Selesai
|
Form 11
|
Name
Text
|
Form
11
|
Label 1
|
Name
Text
|
Label 1
Persegi berwarna
merah
|
Rectangle Shape 1
|
Name
Text
|
Rectangle
Shape 1
|
Button 1
|
Name
Text
|
Button 1
Coba lagi
|
Button 2
|
Name
Text
|
Button
2
Selesai
|
Form 12
|
Name
Text
|
Form 12
|
Label 1
|
Name
Text
|
Label
1
Persegi
berwarna kuning
|
Rectangle Shape 1
|
Name
Text
|
Rectangle Shape 1
|
Button 1
|
Name
Text
|
Button
1
Coba
lagi
|
Button 2
|
Name
Text
|
Button 2
Selesai
|
Form 13
|
Name
Text
|
Form
13
|
Label 1
|
Name
Text
|
Label 1
Persegi berwarna
hijau
|
Rectangle Shape 1
|
Name
Text
|
Rectangle
Shape 1
|
Button 1
|
Name
Text
|
Button 1
Coba lagi
|
Button 2
|
Name
Text
|
Button
2
Selesai
|
Form 14
|
Name
Text
|
Form 14
|
Label 1
|
Name
Text
|
Label
1
Persegi
berwarna biru
|
Rectangle Shape 1
|
Name
Text
|
Rectangle Shape 1
|
Button 1
|
Name
Text
|
Button
1
Coba
lagi
|
Button 2
|
Name
Text
|
Button 2
Selesai
|
Form 15
|
Name
Text
|
Form
15
|
Label 1
|
Name
Text
|
Label 1
Persegi berwarna ungu
|
Rectangle Shape 1
|
Name
Text
|
Rectangle
Shape 1
|
Button 1
|
Name
Text
|
Button 1
Coba lagi
|
Button 2
|
Name
Text
|
Button
2
Selesai
|
Form 16
|
Name
Text
|
Form 16
|
Form 17
|
Name
Text
|
Form
17
|
Label 1
|
Name
Text
|
Label 1
Pilihlah warna yang
kamu suka!!!
|
RadioButton 1
|
Name
Text
|
RadioButton
1
Merah
|
RadioButton 2
|
Name
Text
|
RadioButton 2
Kuning
|
RadioButton 3
|
Name
Text
|
RadioButton
3
Hijau
|
RadioButton 4
|
Name
Text
|
RadioButton 4
Biru
|
RadioButton 5
|
Name
Text
|
RadioButton
5
Ungu
|
Button 1
|
Name
Text
|
Button 1
OK
|
Button 2
|
Name
Text
|
Button
2
Back
|
7. Membuat
Form 1 sesuai dengan aturan properties yang telah kita buat sebelumnya. Untuk
mengganti background Form 1, kita pilih Properties-BackgroundImage-LocalResource-Import-Ok.
8.
Untuk mengganti style
pada toolbox (background toolbox, font), klik toolbox yang hendak diganti style
nya, pilih properties – font(huruf) - backcolor (background toolbox) – forecolor (warna tulisan toolbox).
9. Listing code
Program Permainan Mari Mengenal Bentuk dan Warnabeserta penjelasan:
LISTING
PROGRAM
Form1
PublicClassForm1
PrivateSub Button2_Click(ByVal sender As
System.Object, ByVal
e As System.EventArgs)
Handles Button2.Click
Close()
EndSub
Penjelasan:
Close() berfungsi untuk menutup program apabila tombol Button2
ditekan.
PrivateSub Button1_Click(ByVal sender As
System.Object, ByVal
e As System.EventArgs)
Handles Button1.Click
Form2.Show()
Me.Hide()
EndSub
EndClass
Penjelasan:
Ketika kita klik tombol Button1 maka Form2 akan
muncul dan Form1 akan tersembunyi.
Form2
PublicClassForm2
PrivateSub
LinkLabel1_LinkClicked(ByVal sender As System.Object, ByVal e As
System.Windows.Forms.LinkLabelLinkClickedEventArgs)
Handles LinkLabel1.LinkClicked
Form3.Show()
Me.Hide()
EndSub
EndClass
Penjelasan:
Ketika kita klik LinkLabel1 maka Form3 akan muncul
dan Form2 akan tersembunyi.
Form3
PublicClassForm3
PrivateSub Button1_Click(ByVal sender As
System.Object, ByVal
e As System.EventArgs)
Handles Button1.Click
Form4.Show()
Me.Hide()
EndSub
EndClass
Penjelasan:
Ketika kita klik tombol Button1 maka Form4 akan
muncul dan Form3 akan tersembunyi.
Form4
PublicClassForm4
PrivateSub Button1_Click(ByVal sender As
System.Object, ByVal
e As System.EventArgs)
Handles Button1.Click
If RadioButton1.Checked =
TrueThenForm5.Show()
If RadioButton2.Checked =
TrueThenForm17.Show()
Me.Hide()
EndSub
EndClass
Penjelasan:
Kita
menggunakan fungsi if pada listing di Button1 ini. Apabila kita memilih
RadioButton1, maka setelah menekan tombol Button1 akan muncul Form5. Apabila
kita memilih RadioButton2, maka setelah menekan tombol Button1 akan muncul
Form17. Namun apapun yang kita pilih, setelah menekan tombol Button1 maka Form4
akan tersembunyi akibat fungsi Me.Hide()
Form5
PublicClassForm5
PrivateSub Button2_Click(ByVal sender As
System.Object, ByVal
e As System.EventArgs)
Handles Button2.Click
Form4.Show()
Me.Hide()
EndSub
Penjelasan:
Ketika kita klik tombol Button2 maka Form5 akan
muncul dan Form4 akan tersembunyi.
PrivateSub Button1_Click(ByVal sender As
System.Object, ByVal
e As System.EventArgs)
Handles Button1.Click
If RadioButton1.Checked =
TrueThenForm6.Show()
If RadioButton2.Checked =
TrueThenForm7.Show()
If RadioButton3.Checked =
TrueThenForm8.Show()
If RadioButton4.Checked =
TrueThenForm10.Show()
If RadioButton5.Checked =
TrueThenForm9.Show()
Me.Hide()
EndSub
EndClass
Penjelasan:
Form
ini berisi pilihan warna yang tersedia. Apabila kita memilih RadioButton1, maka
Form6 yang berisi lingkaran berwarna merah akan muncul. Apabila kita memilih
RadioButton2, maka Form7 yang berisi lingkaran berwarna kuning akan muncul.
Begitu pula untuk RadioButton3, RadioButton4, dan RadioButton5.
Form17
PublicClassForm17
PrivateSub Button2_Click(ByVal sender As
System.Object, ByVal
e As System.EventArgs)
Handles Button2.Click
Form4.Show()
Me.Hide()
EndSub
Penjelasan:
Ketika kita klik tombol Button2 maka Form4 akan
muncul dan Form17 akan tersembunyi.
PrivateSub Button1_Click(ByVal sender As
System.Object, ByVal
e As System.EventArgs)
Handles Button1.Click
If RadioButton1.Checked =
TrueThenForm11.Show()
If RadioButton2.Checked =
TrueThenForm12.Show()
If RadioButton3.Checked =
TrueThenForm13.Show()
If RadioButton4.Checked =
TrueThenForm14.Show()
If RadioButton5.Checked =
TrueThenForm15.Show()
Me.Hide()
EndSub
EndClass
Penjelasan:
Form
ini berisi pilihan warna yang tersedia. Apabila kita memilih RadioButton1, maka
Form11 yang berisi persegi berwarna merah akan muncul. Apabila kita memilih
RadioButton2, maka Form12 yang berisi persegi berwarna kuning akan muncul.
Begitu pula untuk RadioButton3, RadioButton4, dan RadioButton5.
Form6
PublicClassForm6
PrivateSub Button1_Click(ByVal sender As
System.Object, ByVal
e As System.EventArgs)
Handles Button1.Click
Form4.Show()
Me.Hide()
EndSub
Penjelasan:
Ketika
kita klik tombol Button1 maka Form4 akan muncul dan Form6 akan tersembunyi.
Tombol ini berfungsi untuk memulai permainan kembali.
PrivateSub Button2_Click(ByVal sender As
System.Object, ByVal
e As System.EventArgs)
Handles Button2.Click
Form16.Show()
Me.Hide()
EndSub
Penjelasan:
Ketika
kita klik tombol Button2 maka Form16 akan muncul dan Form6 akan tersembunyi.
Tombol ini berfungsi untuk mengakhiri permainan.
PrivateSub Form6_Load(ByVal sender As
System.Object, ByVal
e As System.EventArgs)
HandlesMyBase.Load
Me.BackColor = Color.PeachPuff
EndSub
EndClass
Penjelasan:
Listing
ini berfungsi untuk mengubah warna background menjadi warna Peach Puff.
Form7
PublicClassForm7
PrivateSub Button1_Click(ByVal sender As
System.Object, ByVal
e As System.EventArgs)
Handles Button1.Click
Form4.Show()
Me.Hide()
EndSub
Penjelasan:
Ketika
kita klik tombol Button1 maka Form4 akan muncul dan Form7 akan tersembunyi.
Tombol ini berfungsi untuk memulai permainan kembali.
PrivateSub Button2_Click(ByVal sender As
System.Object, ByVal
e As System.EventArgs)
Handles Button2.Click
Form16.Show()
Me.Hide()
EndSub
Penjelasan:
Ketika
kita klik tombol Button2 maka Form16 akan muncul dan Form7 akan tersembunyi.
Tombol ini berfungsi untuk mengakhiri permainan.
PrivateSub Form7_Load(ByVal sender As
System.Object, ByVal
e As System.EventArgs)
HandlesMyBase.Load
Me.BackColor = Color.PeachPuff
EndSub
EndClass
Penjelasan:
Listing
ini berfungsi untuk mengubah warna background menjadi warna Peach Puff.
Form8
PublicClassForm8
PrivateSub Button1_Click(ByVal sender As
System.Object, ByVal
e As System.EventArgs)
Handles Button1.Click
Form4.Show()
Me.Hide()
EndSub
Penjelasan:
Ketika
kita klik tombol Button1 maka Form4 akan muncul dan Form8 akan tersembunyi.
Tombol ini berfungsi untuk memulai permainan kembali.
PrivateSub Button2_Click(ByVal sender As
System.Object, ByVal
e As System.EventArgs)
Handles Button2.Click
Form16.Show()
Me.Hide()
EndSub
Penjelasan:
Ketika
kita klik tombol Button2 maka Form16 akan muncul dan Form8 akan tersembunyi.
Tombol ini berfungsi untuk mengakhiri permainan.
PrivateSub Form8_Load(ByVal sender As
System.Object, ByVal
e As System.EventArgs)
HandlesMyBase.Load
Me.BackColor = Color.PeachPuff
EndSub
EndClass
Penjelasan:
Listing
ini berfungsi untuk mengubah warna background menjadi warna Peach Puff.
Form9
PublicClassForm9
PrivateSub Button1_Click(ByVal sender As
System.Object, ByVal
e As System.EventArgs)
Handles Button1.Click
Form4.Show()
Me.Hide()
EndSub
Penjelasan:
Ketika
kita klik tombol Button1 maka Form4 akan muncul dan Form9 akan tersembunyi.
Tombol ini berfungsi untuk memulai permainan kembali.
PrivateSub Button2_Click(ByVal sender As
System.Object, ByVal
e As System.EventArgs)
Handles Button2.Click
Form16.Show()
Me.Hide()
EndSub
Penjelasan:
Ketika
kita klik tombol Button2 maka Form16 akan muncul dan Form9 akan tersembunyi.
Tombol ini berfungsi untuk mengakhiri permainan.
PrivateSub Form9_Load(ByVal sender As
System.Object, ByVal
e As System.EventArgs)
HandlesMyBase.Load
Me.BackColor = Color.PeachPuff
EndSub
EndClass
Penjelasan:
Listing
ini berfungsi untuk mengubah warna background menjadi warna Peach Puff.
Form10
PublicClassForm10
PrivateSub Button1_Click(ByVal sender As
System.Object, ByVal
e As System.EventArgs)
Handles Button1.Click
Form4.Show()
Me.Hide()
EndSub
Penjelasan:
Ketika
kita klik tombol Button1 maka Form4 akan muncul dan Form10 akan tersembunyi.
Tombol ini berfungsi untuk memulai permainan kembali.
PrivateSub Button2_Click(ByVal sender As
System.Object, ByVal
e As System.EventArgs)
Handles Button2.Click
Form16.Show()
Me.Hide()
EndSub
Penjelasan:
Ketika
kita klik tombol Button2 maka Form16 akan muncul dan Form10 akan tersembunyi.
Tombol ini berfungsi untuk mengakhiri permainan.
PrivateSub Form10_Load(ByVal sender As
System.Object, ByVal
e As System.EventArgs)
HandlesMyBase.Load
Me.BackColor = Color.PeachPuff
EndSub
EndClass
Penjelasan:
Listing
ini berfungsi untuk mengubah warna background menjadi warna Peach Puff.
Form11
PublicClassForm11
PrivateSub Button1_Click(ByVal sender As
System.Object, ByVal
e As System.EventArgs)
Handles Button1.Click
Form4.Show()
Me.Hide()
EndSub
Penjelasan:
Ketika
kita klik tombol Button1 maka Form4 akan muncul dan Form11 akan tersembunyi.
Tombol ini berfungsi untuk memulai permainan kembali.
PrivateSub Button2_Click(ByVal sender As
System.Object, ByVal
e As System.EventArgs)
Handles Button2.Click
Form16.Show()
Me.Hide()
EndSub
Penjelasan:
Ketika
kita klik tombol Button2 maka Form16 akan muncul dan Form11 akan tersembunyi.
Tombol ini berfungsi untuk mengakhiri permainan.
PrivateSub Form11_Load(ByVal sender As
System.Object, ByVal
e As System.EventArgs)
HandlesMyBase.Load
Me.BackColor = Color.PeachPuff
EndSub
EndClass
Penjelasan:
Listing
ini berfungsi untuk mengubah warna background menjadi warna Peach Puff.
Form12
PublicClassForm12
PrivateSub Button1_Click(ByVal sender As
System.Object, ByVal
e As System.EventArgs)
Handles Button1.Click
Form4.Show()
Me.Hide()
EndSub
Penjelasan:
Ketika
kita klik tombol Button1 maka Form4 akan muncul dan Form12 akan tersembunyi.
Tombol ini berfungsi untuk memulai permainan kembali.
PrivateSub Button2_Click(ByVal sender As
System.Object, ByVal
e As System.EventArgs)
Handles Button2.Click
Form16.Show()
Me.Hide()
EndSub
Penjelasan:
Ketika
kita klik tombol Button2 maka Form16 akan muncul dan Form12 akan tersembunyi.
Tombol ini berfungsi untuk mengakhiri permainan.
PrivateSub Form12_Load(ByVal sender As
System.Object, ByVal
e As System.EventArgs)
HandlesMyBase.Load
Me.BackColor = Color.PeachPuff
EndSub
EndClass
Penjelasan:
Listing
ini berfungsi untuk mengubah warna background menjadi warna Peach Puff.
Form13
PublicClassForm13
PrivateSub Button1_Click(ByVal sender As
System.Object, ByVal
e As System.EventArgs)
Handles Button1.Click
Form4.Show()
Me.Hide()
EndSub
Penjelasan:
Ketika
kita klik tombol Button1 maka Form4 akan muncul dan Form13 akan tersembunyi.
Tombol ini berfungsi untuk memulai permainan kembali.
PrivateSub Button2_Click(ByVal sender As
System.Object, ByVal
e As System.EventArgs)
Handles Button2.Click
Form16.Show()
Me.Hide()
EndSub
Penjelasan:
Ketika
kita klik tombol Button2 maka Form16 akan muncul dan Form13 akan tersembunyi.
Tombol ini berfungsi untuk mengakhiri permainan.
PrivateSub Form13_Load(ByVal sender As
System.Object, ByVal
e As System.EventArgs)
HandlesMyBase.Load
Me.BackColor = Color.PeachPuff
EndSub
EndClass
Penjelasan:
Listing
ini berfungsi untuk mengubah warna background menjadi warna Peach Puff.
Form14
PublicClassForm14
PrivateSub Button1_Click(ByVal sender As
System.Object, ByVal
e As System.EventArgs)
Handles Button1.Click
Form4.Show()
Me.Hide()
EndSub
Penjelasan:
Ketika
kita klik tombol Button1 maka Form4 akan muncul dan Form14 akan tersembunyi.
Tombol ini berfungsi untuk memulai permainan kembali.
PrivateSub Button2_Click(ByVal sender As
System.Object, ByVal
e As System.EventArgs)
Handles Button2.Click
Form16.Show()
Me.Hide()
EndSub
Penjelasan:
Ketika
kita klik tombol Button2 maka Form16 akan muncul dan Form14 akan tersembunyi.
Tombol ini berfungsi untuk mengakhiri permainan.
PrivateSub Form14_Load(ByVal sender As
System.Object, ByVal
e As System.EventArgs)
HandlesMyBase.Load
Me.BackColor = Color.PeachPuff
EndSub
EndClass
Penjelasan:
Listing
ini berfungsi untuk mengubah warna background menjadi warna Peach Puff.
Form15
PublicClassForm15
PrivateSub Button1_Click(ByVal sender As
System.Object, ByVal
e As System.EventArgs)
Handles Button1.Click
Form4.Show()
Me.Hide()
EndSub
Penjelasan:
Ketika
kita klik tombol Button1 maka Form4 akan muncul dan Form15 akan tersembunyi.
Tombol ini berfungsi untuk memulai permainan kembali.
PrivateSub Button2_Click(ByVal sender As
System.Object, ByVal
e As System.EventArgs)
Handles Button2.Click
Form16.Show()
Me.Hide()
EndSub
Penjelasan:
Ketika
kita klik tombol Button2 maka Form16 akan muncul dan Form15 akan tersembunyi.
Tombol ini berfungsi untuk mengakhiri permainan.
PrivateSub Form15_Load(ByVal sender As
System.Object, ByVal
e As System.EventArgs)
HandlesMyBase.Load
Me.BackColor = Color.PeachPuff
EndSub
EndClass
Penjelasan:
Listing
ini berfungsi untuk mengubah warna background menjadi warna Peach Puff.
Form16
PublicClassForm16
PrivateSub Form16_Load(ByVal sender As
System.Object, ByVal
e As System.EventArgs)
HandlesMyBase.Load
Dim name1, name2, name3 AsString
name1 = "Semoga
Anda terhibur"
name2 = "dengan
permainan ini."
name3 = "Terima
Kasih"
MsgBox("Finish!!!
"& name1 &" "&
name2 &" "& name3)
Close()
EndSub
EndClass
Penjelasan:
Listing ini berfungsi untuk membuat
Message Box.Name1, name2, dan name3 dideklarasikan sebagai sebuah
String.“Semoga Anda terhibur” ditugaskan untuk name1, “dengan permainan ini.”
ditugaskan untuk name2, dan “Terima Kasih” ditugaskan untuk name3. Pada form16
ini akan muncul Message Box bertuliskan “Finish!!! Semoga Anda terhibur dengan
permainan ini. Terima Kasih” dan setelah kita klik OK maka program akan menutup
akibat fungsi Close()
Tidak ada komentar:
Posting Komentar