KONSEP PROGRAM
APLIKASI 2D DAN 3D
·
·
Judul
Program
Program Aplikasi 2D dan 3D
·
Tujuan
Program
Tujuan dibuatnya program ini adalah untuk
memudahkan pemain untuk mengenal bentuk-bentuk dari jenis 2 dimensi seperti
bujur sangkar, lingkaran, dan persegi panjang dan jenis 3 dimensi seperti kubus
dan balok. Selain itu, memudahkan pemain aplikasi untuk melihat bentuk-bentuk
tersebut dengan berbagai ukuran yang diinginkan pemain.
·
Sasaran
Program
Program ini dibuat dengan sasaran pada
pemain aplikasi baik di kalangan anak-anak atau dewasa.
·
Deskripsi
Program
Program Aplikasi ini terdiri dari 7 Form, yakni :
1.
Form 1
Form ini berisikan awal untuk memulai permainan
2.
Form 2
Form ini berisikan pilihan-pilihan antara 2 dimensi atau 3 dimensi.
Pemain hanya dapat memilih satu dari beberapa pilihan.
3.
Form 3
Form ini muncul ketika pada form 2 pemain memilih
bangun lingkaran.
Pada form ini akan ditampilkan beberapa kolom textbox
untuk menunjukkan jari-jari dan setelah jari-jari di input, maka hasil akan
muncul dan gambar lingkaran pun akan muncul.
4.
Form 4
Form ini ditampilkan ketika pemain memilih pilihan
bujur sangkar. Ketika tampil form ini akan diberikan textbox untuk diisi ukuran
sisi bujur sangkar dan gambar akan di tampilkan secara langsung.
5.
Form 5
Form ini muncul ketika pemain memilih piliha persegi panjang pada jenis
dua dimensi. Pada form ini juga disediakan textbox yang kosong untuk ukuran
panjang dan lebar pada persegi panjang. Setelah data dimasukkan, maka gambar
akan tampil secara langsung.
6.
Form 6
Form ini mucul ketika pemain memilih pilihan 3 dimensi yaitu kubus. Saat
form muncul akan ditampilkan textbox untuk menginput ukuran sisi pada kubus.
Setelah ukuran di input, maka akan tampil hasil volume dan luas permukaan kubus.
Setelah itu, gambar kubus akan tampil.
7.
Form 7
Form ini muncul ketika pemain memilih pilihan 3 dimensi yaitu balok.
Ketika form muncul akan ada 3 textbox yang akan diinput panjang, lebar dan
tebal dari balok. Setelah data diinput, maka akan ada hasil volume dan luas
permukaan dari balok. Setelah itu,
secara langsung gambar akan dimunculkan.
8.
Message Box
Message
Box ini akan ditampilkan saat pemain ingin mengakhiri permainan dengan menekan
button finish di sebelah pojok kanan atas.
FLOWCHART
TUTORIAL
PROGRAM APLIKASI 2D DAN 3D
Komponen
Toolbox yang digunakan pada Program Aplikasi 2D dan 3D
Form 1
New Project
>> Windows Form Application >> Form 1 >> Properties >> Text “Aplikasi Dua
Dimensi dan Tiga Dimensi” >> Label 1 >> Properties >> Text
“Aplikasi Dua Dimensi dan Tiga Dimensi” >> Label 2 >> Properties
>> Text “Mari membuat bentuk sesukamu!!” >> Button 1 >>
Properties >> Text “Mulai” >> Membuat Listing pada Button 1
>> Form >> Properties >> BackGroundImageLayout >>
Picture
Komponen ToolBox
|
Properties
|
Keterangan
|
Label 1
|
Name
Text
|
Label 1
Aplikasi Dua Dimensi
dan Tiga DImensi
|
Label 2
|
Name
Text
|
Label 2
Mari membuat bentuk sesukamu!!
|
Button 1
|
Name
Text
|
Button 1
Mulai
|
Form 2
Project >> Add
Windows Form >>Windows Form >> Form 2 >> Properties >>
text “Dimensi” >> Label 2 >> Properties >> Text “2Dimensi”
>> Label 3 >> Properties
>> Text “3Dimensi” >> OvalShape 1 >> Rectangle Shape1
>> RectangleShape2 >>
PictureBox1 >> Choose Image >> Picture Kubus >>
PictureBox2 >> Choose Image >> Picture Balok >> Membuat
Listing pada setiap Image >> Form >> Properties >>
BackGroundImageLayout >> Picture
Komponen Toolbox
|
Properties
|
Keterangan
|
Form 2
|
Name
Text
|
Form 2
Dimensi
|
Label 2
|
Name
Text
|
Label 2
2Dimensi
|
Label 3
|
Name
Text
|
Label 3
3Dimensi
|
OvalShape 1
|
Name
Text
|
OvalShape 1
|
RectangleShape 1
|
Name
Text
|
RectangleShape 1
|
RectangleShape 2
|
Name
Text
|
RectangleShape 2
|
PictureBox1
|
Name
Text
|
PictureBox 1
|
PictureBox2
|
Name
Text
|
PictureBox 2
|
Form 3
Project >> Add
Windows Form >>Windows Form >> Form 3 >> Properties >>
text “Dua Dimensi” >> Label 1 >> Properties >> Text “Lingkaran”
>> Label 2 >> Properties
>> Text “Keliling” >> Label 5 >> Properties >> Text
“Jari-jari” >> Label 6 >> Properties >> Text “Luas” >>
Button 1 >> Properties >>
Text “Back” >> Button 2 >> Properties >> Text “ Finish”
>> Button3 >> Properties
>> text “Reset” >> Button 4 >> Properties >>
text “Hasil” >> Textbox1 >> TextBox3 >>TextBox4>> Panel
1 >> Membuat Listing >> Form >> Properties >>
BackGroundImageLayout >> Picture
Komponen Toolbox
|
Properties
|
Keterangan
|
Form 3
|
Name
Text
|
Form 3
Dua Dimensi
|
Label 1
|
Name
Text
|
Label 1
Lingkaran
|
Label 2
|
Name
Text
|
Label2
Keliling
|
Label 5
|
Name
Text
|
Label5
Jari-Jari
|
Label 6
|
Name
Text
|
Label6
Luas
|
Komponen Toolbox
|
Properties
|
Keterangan
|
Button 1
|
Name
Text
|
Button1
Back
|
Button 2
|
Name
Text
|
Button2
Finish
|
Button 3
|
Name
Text
|
Button3
Reset
|
Button 4
|
Name
Text
|
Button4
Hasil
|
TextBox3
|
Name
Text
|
TextBox3
|
TextBox1
|
Name
Text
|
TextBox1
|
TextBox 4
|
Name
Text
|
TextBox4
|
Panel 1
|
Name
Text
|
Panel1
|
Form 4
Project >> Add
Windows Form >>Windows Form >> Form 4 >> Properties >>
text “Dua Dimensi” >> Label 1 >> Properties >> Text “Bujur
Sangkar” >> Label 2 >>
Properties >> Text “Keliling” >> Label 6 >> Properties
>> Text “Luas” >> Label 8 >> Properties >> Text “Sisi”
>> Button 1 >> Properties
>> Text “Reset” >> Button 2 >> Properties >> Text “
Finish” >> Button3 >> Properties
>> text “Back” >> Button 4 >> Properties >> text
“Hasil” >> Textbox1 >> TextBox4 >>TextBox6>> Panel 1
>> Membuat Listing >> Form >> Properties >>
BackGroundImageLayout >> Picture
Komponen Toolbox
|
Properties
|
Keterangan
|
Form 4
|
Name
Text
|
Form 4
Dua Dimensi
|
Label 1
|
Name
Text
|
Label 1
Bujur Sangkar
|
Label 2
|
Name
Text
|
Label2
Keliling
|
Label 6
|
Name
Text
|
Label6
Luas
|
Label 8
|
Name
Text
|
Label 8
Sisi
|
TextBox6
|
Nama
Text
|
TextBox6
|
TextBox4
|
Name
Text
|
TextBox4
|
TextBox1
|
Name
Text
|
TextBox1
|
Button3
|
Name
Text
|
Button3
Back
|
Button1
|
Name
Text
|
Button1
Reset
|
Button4
|
Name
Text
|
Button4
Hasil
|
Button2
|
Name
Text
|
Button2
Finis
|
Panel1
|
Name
Text
|
Panel1
|
Form 5
Project >> Add
Windows Form >>Windows Form >> Form 5 >> Properties >>
text “Dua Dimensi” >> Label 1 >> Properties >> Text “Persegi
Panjang” >> Label 2 >>
Properties >> Text “Keliling” >> Label 3>> Properties
>> Text “Panjang” >> Label 4 >> Properties >> Text “Lebar”
>> Label 6 >> Properties >> Text “Luas” >> Button 1 >> Properties >> Text “Back”
>> Button 2 >> Properties >> Text “ Finish” >> Button3
>> Properties >> text “Reset”
>> Button 4 >> Properties >> text “Hasil” >> Textbox1
>> TextBox2>> TextBox3 >> TextBox4 >> Panel 1 >> Membuat Listing
>> Form >> Properties >> BackGroundImageLayout >>
Picture
Komponen Toolbox
|
Properties
|
Keterangan
|
Form 5
|
Name
Text
|
Form 5
Dua Dimensi
|
Label 1
|
Name
Text
|
Label 1
Persegi Panjang
|
Label 2
|
Name
Text
|
Label2
Keliling
|
Label 3
|
Name
Text
|
Label3
Panjang
|
Label 4
|
Name
Text
|
Label 4
Lebar
|
Label 6
|
Name
Text
|
Label6
Luas
|
TextBox1
|
Nama
Text
|
TextBox1
|
TextBox2
|
Name
Text
|
TextBox2
|
TextBox3
|
Name
Text
|
TextBox3
|
TextBox4
|
Name
Text
|
TextBox4
|
Button1
|
Name
Text
|
Button3
Back
|
Button2
|
Name
Text
|
Button1
Finish
|
Button3
|
Name
Text
|
Button4
Reset
|
Button4
|
Name
Text
|
Button2
Hasil
|
Panel1
|
Name
Text
|
Panel1
|
Form 6
Project >> Add
Windows Form >>Windows Form >> Form 6 >> Properties >>
text “Tiga Dimensi” >> Label 1 >> Properties >> Text “Kubus”
>> Label 2 >> Properties
>> Text “Luas Permukaan” >> Label 7>> Properties >>
Text “Volume” >> Label 8 >> Properties >> Text “Sisi”
>> Button 1 >> Properties
>> Text “Reset” >> Button 2 >> Properties >> Text “
Finish” >> Button3 >> Properties
>> text “Back” >> Button 4 >> Properties >> text
“Hasil” >> Textbox1 >> TextBox2>> TextBox6 >> Panel 1
>> Membuat Listing >> Form >> Properties >>
BackGroundImageLayout >> Picture
Komponen Toolbox
|
Properties
|
Keterangan
|
Form 6
|
Name
Text
|
Form 6
Tiga Dimensi
|
Label 1
|
Name
Text
|
Label 1
Kubus
|
Label 2
|
Name
Text
|
Label2
Luas Permukaan
|
Label 7
|
Name
Text
|
Label7
Volume
|
Label 8
|
Name
Text
|
Label8
Lebar
|
TextBox1
|
Nama
Text
|
TextBox1
|
TextBox2
|
Name
Text
|
TextBox2
|
TextBox6
|
Name
Text
|
TextBox6
|
Button1
|
Name
Text
|
Button1
Reset
|
Button2
|
Name
Text
|
Button2
Finish
|
Button3
|
Name
Text
|
Button3
Back
|
Button4
|
Name
Text
|
Button4
Hasil
|
Panel1
|
Name
Text
|
Panel1
|
Form
7
Project >> Add
Windows Form >>Windows Form >> Form 7 >> Properties >>
text “Tiga Dimensi” >> Label 1 >> Properties >> Text “Balok”
>> Label 2 >> Properties
>> Text “Tebal” >> Label 3 >> Properties >> Text “Panjang”
>> Label 4 >> Properties >> Text “Lebar” >> Label5
>> Properties >> Text “luas Permukaan” >> Label 6 >>
Properties >> Text “Volume”
>> Button 1 >> Properties
>> Text “Reset” >> Button 2 >> Properties >> Text “
Finish” >> Button3 >> Properties
>> text “Back” >> Button 4 >> Properties >> text
“Hasil” >> Textbox1 >> TextBox2>> TextBox3 >> TextBox4
>> TextBox5 >> Panel 1 >> Membuat Listing >> Form
>> Properties >> BackGroundImageLayout >> Picture
Komponen Toolbox
|
Properties
|
Keterangan
|
Form 7
|
Name
Text
|
Form 7
Tiga Dimensi
|
Label 1
|
Name
Text
|
Label 1
Balok
|
Label 2
|
Name
Text
|
Label2
Tebal
|
Label 3
|
Name
Text
|
Label3
Panjang
|
Label4
|
Name
Text
|
Label 4
Lebar
|
Label 5
|
Name
Text
|
Label 5
Luas Permukaan
|
Label 6
|
Name
Text
|
Label6
Volume
|
TextBox1
|
Nama
Text
|
TextBox1
|
TextBox2
|
Name
Text
|
TextBox2
|
TextBox3
|
Name
Text
|
TextBox3
|
TextBox4
|
Name
Text
|
TextBox4
|
TextBox 5
|
Name
Text
|
TextBox5
|
Button1
|
Name
Text
|
Button1
Reset
|
Button2
|
Name
Text
|
Button2
Finish
|
Button3
|
Name
Text
|
Button3
Back
|
Button4
|
Name
Text
|
Button4
Hasil
|
Panel1
|
Name
Text
|
Panel1
|
LISTING
PROGRAM APLIKASI 2D DAN 3D
Program Aplikasi 2D dan 3D memiliki 7 Form yang
berbeda, yakni :
·
FORM
1
Public Class Form1
Private Sub
Button1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
Button1.Click
Form2.Show()
Me.Hide()
End Sub
End Class
ü Penjelasan :
Listing ini digunakan
untuk menampilkan form 2 saat button 1 di klik dan secara langsung form 1
tersembunyi.
·
FORM
2
Public Class Form2
Private Sub
OvalShape1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
OvalShape1.Click
Form3.Show()
Me.Hide()
End Sub
ü Penjelasan :
Listing ini digunakan untuk menampilkan form 3 saat gambar
lingkaran pada form 2 di klik. Setelah itu,
form 2 akan disembunyikan secara langsung.
Private Sub
RectangleShape1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
RectangleShape1.Click
Form4.Show()
Me.Hide()
End Sub
ü Penjelasan :
Listing ini digunakan untuk menampilkan form 4 saat gambar
bujur sangkar di klik pada form 2 dan kemudian form 2 akan otomatis
disembunyikan.
Private Sub
RectangleShape2_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
RectangleShape2.Click
Form5.Show()
Me.Hide()
End Sub
ü Penjelasan :
Listing ini digunakan untuk menampilkan form 5 saat gambar
persegi panjang di klik pada form 2 dan kemudian form 2 akan otomatis
disembunyikan.
Private Sub
PictureBox1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
PictureBox1.Click
Form6.Show()
Me.Hide()
End Sub
ü Penjelasan :
Listing ini digunakan untuk menampilkan form 6 saat gambar
kubus di klik pada form 2 dan kemudian form 2 akan otomatis disembunyikan.
Private Sub
PictureBox2_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
PictureBox2.Click
Form7.Show()
Me.Hide()
End Sub
End Class
ü Penjelasan :
Listing ini digunakan untuk menampilkan form 7 saat gambar
balok di klik pada form 2 dan kemudian form 2 akan otomatis disembunyikan.
·
FORM
3
Public Class Form3
Private Sub
Button1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
Button1.Click
Form2.Show()
Me.Hide()
End Sub
ü Penjelasan :
Button 1 adalah back, sehingga pada saat di klik button 1
(back) maka program akan kembali ke program form 2 sebelumnya
Private Sub
Button2_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
Button2.Click
MsgBox("Terima Kasih telah mengunjungi
Applikasi Dua Dimensi dan Tiga Dimensi")
Close()
End Sub
ü Penjelasan :
Listing ini bertujuan untuk menampilkan peringatan dalam
bentuk message box apabila pemain ingin menyelesaikan permainan dengan mengklik
button finish.
Private Sub
Button3_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
Button3.Click
TextBox3.Text = ""
TextBox4.Text = ""
TextBox1.Text = ""
OvalShape1.Hide()
Panel1.Refresh()
End Sub
ü Penjelasan :
Listing ini bertujuan untuk merefresh atau menghilangkan
semua data yang telah diinput untuk menginput data yang baru dengan mengklik
button reset.
Private Sub
Button4_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
Button4.Click
If TextBox3.Text = ""
Then
If TextBox4.Text = ""
Then
If TextBox1.Text = "" Then
End If
End If
MsgBox("Masukkan Data terlebih
dahulu", MsgBoxStyle.Critical)
End If
Dim r = TextBox3.Text
TextBox4.Text = 3.14 * r * r
ü Penjelasan : Listing Rumus Luas Pada Lingkaran
TextBox1.Text = 2 * 3.14 * r
ü Penjelasan : Listing Rumus keliling pada Lingkaran
OvalShape1.Show()
OvalShape1.Height = r
OvalShape1.Width = r
OvalShape1.BackColor = Color.DarkRed
End Sub
ü Penjelasan :
Listing ini bertujuan untuk memberi info bahwa r adalah
jari-jari lingkaran dan warna border lingkaran.
Private Sub
Form3_Load(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
MyBase.Load
OvalShape1.Hide()
CenterToScreen()
End Sub
End Class
ü Penjelasan :
Listing ini bertujuan untuk
menghilangkan / menyembunyikan lingkaran yang telah ada.
·
FORM
4
Public Class Form4
Private Sub
Button3_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
Button3.Click
Form2.Show()
Me.Hide()
End Sub
ü Penjelasan :
Button ini adalah back, sehingga pada saat di klik button 3
(back) maka program akan kembali ke program form 2 sebelumnya
Private Sub
Button2_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
Button2.Click
MsgBox("Terima Kasih telah mengunjungi
Applikasi Dua Dimensi dan Tiga Dimensi")
Close()
End Sub
ü Penjelasan :
Listing ini bertujuan untuk menampilakn peringatan dalam
bentuk message box
apabila pemain ingin menyelesaikan permainan dengan mengklik button finish.
apabila pemain ingin menyelesaikan permainan dengan mengklik button finish.
Private Sub
Button1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
Button1.Click
TextBox6.Text = ""
TextBox4.Text = ""
TextBox1.Text = ""
RectangleShape1.Hide()
Panel1.Refresh()
End Sub
Private Sub
Button4_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
Button4.Click
If TextBox6.Text = ""
Then
MsgBox("Masukkan Data terlebih dahulu", MsgBoxStyle.Critical)
End If
If TextBox4.Text = ""
Then
TextBox6.Text = ""
RectangleShape1.Hide()
End If
Dim s = TextBox6.Text
TextBox4.Text = s * s
ü Penjelasan :
Listing untuk menghitung luas persegi
TextBox1.Text = 4 * s
ü Penjelesan :
Listing untuk menghitung keliling persegi
RectangleShape1.Show()
RectangleShape1.Height = s
RectangleShape1.Width = s
End Sub
Private Sub
Form4_Load(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
MyBase.Load
RectangleShape1.Hide()
CenterToScreen()
End Sub
End Class
·
FORM 5
Public Class Form5
Private Sub
Button1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
Button1.Click
Form2.Show()
Me.Hide()
End Sub
ü Penjelasan :
Button 1 adalah back,
sehingga pada saat di klik button 1 (back) maka program akan kembali ke program
form 2 sebelumnya
Private Sub
Button2_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
Button2.Click
MsgBox("Terima Kasih telah mengunjungi
Applikasi Dua Dimensi dan Tiga Dimensi")
Close()
End Sub
ü Penjelasan :
Listing ini bertujuan untuk menampilkan peringatan dalam
bentuk message box apabila pemain ingin menyelesaikan permainan dengan mengklik
button finish.
Private Sub
Button3_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
Button3.Click
TextBox1.Text = ""
TextBox4.Text = ""
TextBox2.Text = ""
TextBox3.Text = ""
RectangleShape1.Hide()
Panel1.Refresh()
End Sub
ü Penjelasan :
Listing untuk merefresh data yang telah diinput apabila
ingin mereset / mengulang memasukkan data yang berbeda
Private Sub
Button4_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
Button4.Click
Dim p = TextBox1.Text
Dim l = TextBox2.Text
If p = ""
Then
MsgBox("Maaf, masukkan data terlebih
dahulu", MsgBoxStyle.Exclamation,
"Error")
ElseIf l = ""
Then
MsgBox("Maaf, masukkan data terlebih
dahulu", MsgBoxStyle.Exclamation,
"Error")
Else
TextBox4.Text = p * l
TextBox3.Text = 2 * p + 2 * l
ü Penjelasan :
Listing untuk menghitung luas dan keliling persegi panjang
End If
RectangleShape1.Height = p
RectangleShape1.Width = l
RectangleShape1.Show()
If TextBox1.Text = ""
Then
TextBox2.Text = ""
TextBox4.Text = ""
RectangleShape1.Hide()
End If
End Sub
Private Sub
Form5_Load(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
MyBase.Load
RectangleShape1.Hide()
CenterToScreen()
End Sub
End Class
·
FORM 6
Public Class Form6
Private Sub
Button3_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
Button3.Click
Form2.Show()
Me.Hide()
End Sub
ü Penjelasan :
Button 3 adalah back, sehingga pada
saat di klik button 3 (back) maka program akan kembali ke program form 2
sebelumnya
Private Sub
Button2_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
Button2.Click
MsgBox("Terima Kasih telah mengunjungi
Applikasi Dua Dimensi dan Tiga Dimensi")
Close()
End Sub
ü Penjelasan :
Listing ini bertujuan untuk menampilakn
peringatan dalam bentuk message box apabila pemain ingin menyelesaikan
permainan dengan mengklik button finish.
Private Sub
Button1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
Button1.Click
TextBox6.Text = ""
TextBox1.Text = ""
TextBox2.Text = ""
Panel1.Refresh()
End Sub
ü Penjelasan :
Listing untuk merefresh data yang telah diinput apabila
ingin mereset / mengulang memasukkan data yang berbeda
Private Sub
Button4_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
Button4.Click
Dim s = TextBox6.Text
TextBox1.Text = s ^ 3
TextBox2.Text = 6 * s
ü Penjelasan :
Listing untuk menghitung volume dan luas permukaan kubus
If s = ""
Then
MsgBox("Maaf, masukkan data terlebih
dahulu", MsgBoxStyle.Critical)
End If
Dim myGraphics As Graphics = Panel1.CreateGraphics
Dim myPen As Pen
myPen
= New Pen(Drawing.Color.BlueViolet, 3)
Dim x1 As New Integer
Dim x2 As New Integer
Dim y1 As New Integer
Dim y2 As New Integer
Dim width As New Integer
Dim height As New Integer
Dim myRect As New Rectangle
width
= TextBox6.Text
height = TextBox6.Text
myRect.Width = TextBox6.Text
myRect.Height = TextBox6.Text
myRect.X = 10
myRect.Y = (10 + width / 2)
myGraphics.DrawRectangle(myPen, myRect)
myRect.X = (10 + width / 2)
myRect.Y = 10
myGraphics.DrawRectangle(myPen, myRect)
x1 =
10
y1 =
(10 + width / 2)
x2 =
(10 + width / 2)
y2 =
10
myGraphics.DrawLine(myPen, x1, y1, x2, y2)
y1 =
y1 + width
y2 =
y2 + width
myGraphics.DrawLine(myPen, x1, y1, x2, y2)
x1 =
x1 + width
x2 =
x2 + width
myGraphics.DrawLine(myPen, x1, y1, x2, y2)
y1 =
y1 - width
y2 =
y2 - width
myGraphics.DrawLine(myPen, x1, y1, x2, y2)
End Sub
ü Penjelasan :
Listing untuk menggambarkan kubus dengan data yang diinput
Private Sub
Form3_Load(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
MyBase.Load
CenterToScreen()
End Sub
Private Sub
Panel1_Paint(ByVal sender As System.Object, ByVal e As
System.Windows.Forms.PaintEventArgs) Handles Panel1.Paint
End Sub
End Class
·
FORM 7
Public Class Form7
Private Sub
Button3_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
Button3.Click
Form2.Show()
Me.Hide()
End Sub
ü Penjelasan :
Button 3 adalah back, sehingga pada saat di klik button 3
(back) maka program akan kembali ke program form 2 sebelumnya
Private Sub
Button2_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
Button2.Click
MsgBox("Terima Kasih telah mengunjungi
Applikasi Dua Dimensi dan Tiga Dimensi")
Close()
End Sub
ü Penjelasan :
Listing ini bertujuan untuk menampilakn peringatan dalam
bentuk message box apabila pemain ingin menyelesaikan permainan dengan mengklik
button finish.
Private Sub
Form7_Load(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
MyBase.Load
TextBox1.Text = ""
TextBox5.Text = ""
TextBox3.Text = ""
TextBox4.Text = ""
TextBox2.Text = ""
Panel1.Refresh()
End Sub
Private Sub
Button4_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
Button4.Click
Dim l = TextBox2.Text
Dim p = TextBox1.Text
Dim t = TextBox5.Text
TextBox3.Text = p * l * t
TextBox4.Text = 2 * p * t + 2 * p * t + 2 * l * t
ü Penjelasan :
Listing untuk menghitung volume dan luas permukaan balok.
If l = ""
Or p = ""
Or t = ""
Then
MsgBox("Maaf, masukkan data terlebih
dahulu")
End If
Dim myGraphics As Graphics = Panel1.CreateGraphics
Dim myPen As Pen
myPen
= New Pen(Drawing.Color.BlueViolet, 3)
Dim x1 As New Integer
Dim x2 As New Integer
Dim y1 As New Integer
Dim y2 As New Integer
Dim width As New Integer
Dim height As New Integer
Dim lebar As New Integer
Dim myRect As New Rectangle
width
= TextBox2.Text
height = TextBox1.Text
lebar
= TextBox5.Text
myRect.Width = TextBox2.Text
myRect.Height = TextBox1.Text
myRect.X = 10
myRect.Y = (10 + lebar / 2)
myGraphics.DrawRectangle(myPen, myRect)
myRect.X = (10 + lebar / 2)
myRect.Y = 10
myGraphics.DrawRectangle(myPen, myRect)
x1 =
10
y1 =
(10 + lebar / 2)
x2 =
(10 + lebar / 2)
y2 =
10
myGraphics.DrawLine(myPen, x1, y1, x2, y2)
y1 =
y1 + height
y2 =
y2 + height
myGraphics.DrawLine(myPen, x1, y1, x2, y2)
x1 =
x1 + width
x2 =
x2 + width
myGraphics.DrawLine(myPen, x1, y1, x2, y2)
y1 =
y1 - height
y2 =
y2 - height
myGraphics.DrawLine(myPen, x1, y1, x2, y2)
End Sub
ü Penjelasan :
Listing untuk menggambarkan balok sesuai dengan data yang
dimasukkan.
Private Sub
Panel1_Paint(ByVal sender As System.Object, ByVal e As
System.Windows.Forms.PaintEventArgs) Handles Panel1.Paint
End Sub
Private Sub
Button1_Click(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles
Button1.Click
TextBox1.Text = ""
TextBox5.Text = ""
TextBox3.Text = ""
TextBox4.Text = ""
TextBox2.Text = ""
Panel1.Refresh()
End Sub
End Class
Tidak ada komentar:
Posting Komentar